Live-PG

Perencanan Media Iklan Mobil Ford Focus


Product Brief

Brand :  Ford Focus

Company : Ford Company Motor

Product Category : Sport Car    

Product Spesification :

·         New Ford Focus

·         rain sensing wipers, 6 – speed powershift, dan auto dimming rear view mirror

·         Auto on-off headlamps

·         Untuk Ford Focus seri 2.0L TDCi AT Sport dibandrol Rp342,2 juta on the road Jakarta dan Ford Focus seri 1.8L AT Comfort dijual Rp240 juta on the road Jakarta.

Positioning :

·         The Genius Of Smart

Unique Selling Points :

·         rain sensing wipers yang akan membantu pengendara menghadapi perubahan cuaca dan kondisi jalan dengan memberi visibilitas optimal. Bilah penyapu air (wiper) di kaca depan akan beroperasi otomatis saat hujan turun dan menyesuaikan kecepatannya dengan curah hujan yang terdeteksi.

·         6 – speed powershift  yang memadukan kenyamanan transmisi otomatis dengan performa dan efisiensi transmisi manual

·         auto dimming rear view mirror memberikan jaminan keselamatan agar pengemudi terhindar dari silau pantulan lampu kendaraan lain yang berada di belakang

·         Auto on-off headlamps membantu pengemudi ketika berhadapan dengan perubahan kondisi di jalan dengan cara memberikan visibilitas yang optimal, baik untuk pengemudi maupun pengendara bermotor lainnya.

Strength :

·         Memiliki pangsa pasar yang luas mencakup 6 benua

·         Produk yang dihasilkan memiliki cirri khas tertentu

·         System pemasaran produk eksklusif di tiap benua memiliki perbedaan di setiap Negara

·         mempertahankan harga di persaingan pasar saat ini

Weakness :

·         Produk yang dihasilkan tidak irit dalam bahan baker

·         Transmisi mobil yang Lelet

Analisis Konsumen

Observasi dilakukan ke empat pria dengan target konsumen New Ford Focus dengan cara membagikan kuesioner sekaligus wawancara. Inilah hasil dari analisis konsumen tersebut :

    DEMOGRAFIS

Keempat pria pengguna New Ford Focus sekaligus responden mempunyai rentang usia antara 24 hingga 43 tahun. Satu orang berusia 36 tahun, dua orang berusia 25 tahun, dan satu orang lagi berusia 34 tahun. Sedangkan untuk status pernikahan, dua dari empat responden sudah menikah sedangkan dua lainnya belum.

Kemampuan ekonomi keempat responden sejauh ini cukup seragam yaitu. golongan menengah ke atas dengan pemasukan dan pengeluaran rata-rata di atas dua juta perbulan. Pendapatan dua orang rata – rata didapat dari orang tua, sedangkan dua orang responden lainnya yaitu dari bekerja.

Selain itu, dua dari empat responden mengaku masih tingaal bersama orang tua. Dua diantaranya adalah mahasiswa S1, sedangkan dua orang lagi sarjana S1 yang telah bekerja di perusahaan swasta.

            Berdasarkan data – data di atas, meka analisis yang dapat dilakukan terhadap pengguna New Ford Focus adalah :

            Merujuk pada rentang usia yang cukup beragam tersebut saya tarik kesimpulan bahwa pengguna produk New Ford Focus cukup beragam dan tidak tersegmen untuk kalangan ekonomi menengah kebawah.

Dapat saya katakan juga bahwa usia pengguna yang berada pada kisaran lebih besar atau sama dengan 24 tahun dapat mengartikan bahwa pengguna merasa cukup puas dengan produk mobil ford focus. Di usia 25 tahun, setidaknya pengguna sudah bisa mengenal produk mobil yang cocok digunakan untuk bepergian menjalankan aktifitas.

Dari paparan di atas, maka secara demografis, karakteristik pengguna mobil New Ford Focus adalah sebagai berikut:

·                     Usia : 24 – 43 tahun

·                     Pekerjaan : mahasiswa S1 dan sarjana S1 atau pegawai perusahaan swasta

·                     Status       : Menikah / Tidak Menikah

·                     Ekonomi  : Menengah Keatas

·   GEOGRAFIS

Secara geografis responden memiliki karakteristik latar belakang yang sangat mirip. Keempat responden memang menetap dan berdomisili di kota besar yakni Jakarta. Walaupun berdomisili di Jakarta, ternyata dua orang responden berasal dari kota di luar Jakarta. Yaitu berasal dari Bekasi dan Tangerang.

            Dengan kenyataan bahwa responden berasal dari kota besar, maka dapat dikatakan bahwa paparan media yang diterima responden biasanya cukup bervariasi sehingga konsumsi iklan mobil New Ford Focus pun (harusnya) lebih mudah dan lebih intens mengingat banyaknya varian media yang dapat diakses dengan mudah.

         

    PSIKOGRAFIS

Dua Diantaranya memiliki kesenangan menonton Tv, kemudian dua orang lagi memiliki waktu menonton Tv-nya minim sekali. Hobi dua responden juga cukup konsumtif dan bersifat relaksasi seperti menonton Tv, bermain musik, menonton, mengobrol/ bercanda dengan teman kampus atau bahkan tidur. Kecuali seorang yang memilih kegiatan memancing ikan bersama keluarga di saat hari libur sebagai hobinya. Juga seorang lain lagi yang mengaku lebih suka menekuni pekerjaannya.

Dua dari semua responden lebih sering menghabiskan waktu luang bersama teman mereka. Kemudian dua orang lagi yang mengaku karena baru menikah maka waktu luangnya lebih sering dihabiskan bersama keluarga.

·         CONSUMTION BEHAVIOR

Dua orang responden mengakui bahwa produk mobil Chevrolet Optra walau sama – sama mobil luncuran merek Amerika Serikat, tapi bukan pesaing New Ford Focus yang terberat. New Ford Focus dibangun dengan platform yang berbagi dengan Mazda 3, Volvo S40.

         

Menurut analisis saya, hal ini terjadi dikarenakan mobil New Ford Focus ini memiliki model yang cukup sporty ( hatchback ), angka penjualannya pun di China melewati tonggak 500.000 unit bulan lalu, dan penjualan Fiesta sebesar 79.000 unit di seluruh wilayah Ford di Asia Pasifik dan Afrika mencatatkan peningkatan sebesar 273 persen. Di China saja, Fiesta telah memenangkan lebih dari 50 penghargaan.

ANALISIS PEMASARAN

Secara umum, pesaing Ford Focus. Toyota Corolla Altis (PT Toyota-Astra Motor), Honda Civic (PT Honda Prospect Motor), dan Mitsubishi Lancer (PT Mitsubishi Motor).

No                                           Brand                                                  Price

01                                Ford Focus                                                                  Rp299 juta

02                                Toyota Corolla Altis                                                   Rp 398 juta

03                                Honda Civic                                                                Rp 320 juta

04                                Mitsubishi Lancer                                                       Rp320 juta

Keempat brand ini saya katakan sebagai rival karena keempat produk ini memasang target konsumen yang sama. Hal ini terlihat dari iklan - iklan yang ditampilkan oleh keempat brand tersebut.

Saingan terberat dari Ford Focus sendiri adalah Toyota Corolla Altis, pada triwulan I tahun 2009 angka penjualan di kelas ini dikuasai mobil tersebut sebesar 43,5%. Sedangkan Ford Focus hanya sebanyak 2,9%.

Banyak yang bisa ditilik dari persaingan keempat brand ini. Toyota Corolla Altis misalnya, produk luncuran jepang ini sudah mulai lebih dulu "menjajah" pasar Indonesia. Namun ujian berat yang cukup pasti, Toyota Corolla Altis merupakan produk Kendaraan roda empat yang munculnya lebih awal di Indonesia, sehingga banyak orang yang sudah cukup tahu keunggulan mobil tersebut. Tetapi dengan begitu, Ford Focus yang sekarang menampilkan fitur – fitur baru yang tidak tertandingi oleh mobil – mobil lainnya.

Secara promosi, untuk beberapa tahun belakangan ini, agaknya Ford Focus hanya dipromosikan lewat media masa dan acara khusus tentang otomotif saja di televisi.

Media Habit Analysis


Dua dari empat responden menyatakan sering mengakses surat kabar, dua lainnya menjawab kadang-kadang. Untuk majalah, keempat responden menyatakan sering.. Dalam pilihan mengenai tabloid, satu menyatakan tidak pernah, satu menyatakan kadang-kadang, sedang sisanya merasa selalu mengakses majalah. Sedangkan untuk tayangan Tv kabel, satu menyatakan tidak pernah, satu menyatakan jarang, dan yang lain memilih sering. Terakhir, untuk akses internet satu menyatakan jarang, dua sering, satu lagi kadang - kadang.

Sedangkan untuk intensitas akses terhadap televisi, sebarannya sangat beragam. Responden pertama menyatakan bahwa stasiun televisi yang paling sering diakses adalah Trans Tv pada Film Bioskop Trans. Urutan kedua adalah Metro News di Metro Tv. Kemudian berturut-turut SCTV, Liputan 6, RCTI.

Responden kedua memilih Film Keluarga hari Minggu di RCTI , tayangan berita di SCTV dan Metro TV, acara petualangan di Trans 7, tayangan musik dan kartun di Global, Gosip di Trans Tv, juga dokumenter satwa di discovery Chanel tanpa menyebutkan intensitas mengakses.

Sedangkan responden ketiga paling menyukai tayangan Om Farhan di ANTv diikuti oleh Headline News Metro Tv, Extravaganza di Trans Tv, Mtv di Global, siaran Sinetron SCTV, RCTI dan TPI, reality Show di Indosiar, dan siaran Tv kabel di RBTv.

Responden keempat hanya memilih SCTV dan Metro Tv. Dengan intensitas mengakses paling tinggi pada Metro Tv dalam program Headline news dan Talkshow, sedangkan SCTV pada Liputan 6.

Sedangkan untuk media cetak, yang sering diakses oleh responden antara lain majalah Auto Build, Top Gear, dan juga Koran Kompas.

Estimasi Perencanaan Media Iklan untuk Produk New Ford Focus

Berdasarkan analisis media behaviour maka, saya sarankan untuk beriklan di media cetak Auto Build dan Top Gear juga di beberapa stasiun televisi swasta dengan pertimbangan sebagai berikut :


1. Majalah Auto Build dan Top Gear Majalah Auto Build adalah majalah dengan segmen Pria paruh baya. Artinya, wajarnya majalah ini hanya akan dikonsumsi oleh pria paruh baya. Sedangkan mobil adalah kebutuhan yang bersifat tersier teatapi juga dibutuhkan untuk bepergian, supaya lebih efektif, saya rasa perlu mengkhususkan media yang akan dipilih. Jika beriklan di media pria, maka yang iklan tersebut dapat menjangkau 100% target audiens. Sedangkan apabila beriklan di majalah yang cenderung "netral" (artinya, bisa saja dibaca pria atau wanita tanpa menimbulkan suatu kesan tertentu) maka pengiklan bisa rugi target audiens.

2. METRO TV Terutama pada slot suara antara pukul tujuh sampai delapan malam. Karena pada jam-jam itu kebanyakan pria kantoran ataupun mahasiswa (berdasarkan data responden) sudah ada di rumah sedang beristirahat.

3. TRANS TV Sedangkan untuk slot komedi belum ada yang bisa mengalahkan Extravaganza. Setidaknya begitulah jawaban dua dari empat responden yang saya observasi.

Below The Line


Selain gaya beriklan yang konvensional tersebut, pastinya mengenalkan Produk New Ford Focus Ialah Lewat Pameran – pameran otomotif yang digelar di tempat yang berbeda – beda. Dengan Begitu pasti banyak orang yang akan mengenal dan mengetahui spesifikasi dan keunggulan New Ford Focus. Dan apabila sudah mengenal produk ini, pasti ada saja orang yang akan mencoba membeli dan kemudian menggunakan produk mobil jebolan Ford ini.  

Categories:

2 Responses so far.

  1. Unknown says:

    "Iklan dari sebuah produk Otomotif, yang membuat saya tertarik, dalam pemaparan estimasi dan dalam proses pencitraan, sehingga memberikan penjabaran yang argumentatif dan absolutely..'
    "TERIMAKASIH'

Leave a Reply