Live-PG



Creative Brief

Klien           : PT Yamaha Motor Kencana Indonesia Tbk.
Produk       : Motor bebek
Brand         : Yamaha New Jupiter MX
Deadline     : 10 Mei 2011



A. Analisis Situasi

A.1. Kondisi Pasar
            Pada November 2010 Yamaha (YMKI) mengeluarkan produk barunya di kelas motor bebek, yaitu Yamaha New Jupiter MX, yang merupakan generasi kedua dari Jupiter MX. Hal ini dilakukan untuk menjawab pasar motor bebek yang semakin melonjak konsumennya, produk-produk Yamaha sebelumnya di berbagai kategori terbukti cukup sukses di pasaran, namun masih belum bisa mengejar Honda yang menguasai pangsa pasar. Sampai dengan Februari 2011, 80,21% pangsa pasar Indonesia dikuasai oleh Honda (52,15%) dan Yamaha (28.06%). Yamaha New Jupiter MX diharapkan dapat mendobrak pasar yang selama ini dikuasai Honda (PT. Astra Honda Motor).

A.2. Tingkat Persaingan
            New Jupiter Z sangat gemilang pada Februari 2011 dengan meningkatkan volume penjualan Yamaha hingga 21,85% dibandingkan Januari 2011, dan tampaknya akan terus menggeliat untuk mengejar 2 produk Honda, yaitu Honda Absolute Revo dan Honda Supra X 125. Dari produk Yamaha sendiri New Jupiter Z masih di bawah Yamaha Vega ZR sedangkan New Jupiter MX yang merupakan produk terbaru sudah ada di posisi ketiga, hal ini yang membuat optimis Yamaha akan kesuksesan penjualan produk barunya tersebut. Yamaha New Jupiter MX nyatanya mampu menarik perhatian para anak muda dengan kecanggihan teknologi, design dan kecepatannya.

A.3 Market Share
            Di Indonesia pasar motor bebek 80,21% dikuasai Honda dan Yamaha, berikut rinciannya berdasarkan brand masing-masing pabrikan (Februari 2011):
1. Honda Absolute Revo        : 24,78%
2. Honda Supra X 125                        : 20,68%
3. Yamaha Vega ZR               : 15,72 %
4. Yamaha New Jupiter Z       : 11,51%
5. Yamaha New Jupiter MX   : 7,52%
Tiga produk teratas sudah diproduksi semenjak 2008-2009, sedangkan New Jupiter Z dan New Jupiter MX yang diproduksi pertengahan dan akhir 2010 terbukti mampu masuk 5 besar, hal ini membuktikan 2 produk tersebut sangat sukses dari segi penjualan.


A.4 Spesifikasi Produk
            Terdapat 2 tipe dari Yamaha New Jupiter MX, yaitu Auto Clutch yang dilepas dengan harga Rp 15,7 juta dan Full Clutch dengan harga 16,4 juta, sedangkan dari segi design ada 6 pilihan warna dan stripping. Berikut rincian spesifikasinya:
- Desain tubuh New Jupiter MX mengusung tema “Agressive New Flasher & Front Portion Design” sehingga terlihat sporty.
- Menggunakan mesin 135 cc 4 valve SOHC Liquid Cooled.
- Double Disc Brake (Rem Cakram Ganda).
- 5 Speed Transmission.
- DiAsil Cylinder, Forged Piston, Throttle Position Sensor (TPS), Radiator (Liquid Cooled Engine) hingga AIS (Air Induction System).


B. Analisis SWOT


Yamaha New Jupiter MX
Honda Supra X 125 R
S
- Design aerodinamis inovatif
- Transmisi 5 kecepatan
- Teknologi yang inovatif
- Bahan bakar irit
- Harga purna jual masih bagus
- Bengkel resmi banyak
W
- Pesediaan produk di dealer yang  terbatas.
- Part-part yang ditawarkan cukup mahal
- Design body yang masih ketinggalan jaman
- Frekuensi penjualan motor skutik dan sport tidak terlalu tinggi
O
- Frekuensi pengguna motor Yamaha meningkat
- Jorge Lorenzo sebagai endoser memiliki banyak penggemar.
- Memiliki pangsa pasar yang luas
- Harga BBM cenderung stabil
T
- Produk Suzuki ada yang memiliki 6 kecepatan.
- Pesaing-pesaing baru bermunculan (Bajaj, TVS).
- Perkembangan motor bebek di Indonesia mulai menurun.
- Yamaha semakin unggul dalam berbagai hal.


C. Permasalahan Periklanan

C.1 Kognitif
            Konsumen terlalu banyak mendapat promosi dari kompetitor, sehingga konsumen bingung dan tidak mengetahui promosi dari Yamaha, masyarakat juga kurang pemahamannya tentang spesifikasi produk-produk Yamaha.

C.2 Afektif
            Produk lain banyak mengiklankan suku cadang yang berkualitas dan harga terjangkau, sedangkan suku cadang asli Yamaha masih cukup mahal sehingga konsumen berpikir untuk lebih memilih produk lain yang suku cadangnya mudah didapatkan.



C.3 Konatif
            Harga New Jupiter MX cukup mahal untuk kelasnya dibanding harga motor bebek dari pabrikan lain, seperti Honda, varian produknya lebih banyak dan original. Produk baru Yamaha kebanyakan adalah versi baru dari produk lama, sehingga konsumen merasa tidak ada perubahan.


D. Tujuan Periklanan
            Bertujuan untuk memperkenalkan produk terbaru Yamaha di kelas motor bebek, yaitu Yamaha New Jupiter MX yang mengusung tema “Agressive New Flasher & Front Portion Design” dengan teknologi yang canggih dan desain yang semakin aerodinamis. Untuk memperlihatkan juga bahwa New Jupiter MX memiliki kecepatan yang tinggi namun tetap nyaman digunakan, sehingga cukup untuk mengalahkan lawan-lawannya dari pabrikan lain.


E. Tujuan Pemasaran
            Yamaha ingin meraih pangsa pasar yang selama ini dikuasai oleh Honda, dengan melepaskan New Jupiter MX ke pasaran merupakan langkah cerdik untuk mencuri pangsa pasar yang didominasi Honda. 2 produk terbarunya di kelas motor bebek terbukti mampu masuk 5 besar dari segi penjualan di pasar Indonesia hanya dalam kurun waktu 3-5 bulan.


F. Target Audience & Target Market

·         Demografi: Laki-laki, usia 18-45 tahun, SES C+/B
·         Geografi: Kota-kota besar dan kota-kota sub-urban di Indonesia.
·         Psikografi: Orang-orang yang aktif, sporty dan peduli dengan kenyamanan berkendara..
·         Behavioral: konsumen yang sudah maupun yang baru mengenal produk-produk Yamaha.


G. Consumer Insight
            Addy (20 tahun), mahasiswa Bina Sarana Informatika Salemba jurusan Teknik Komputer, dalam 5 hari seminggu harus menempuh jarak yang cukup jauh dari Bekasi menuju Salemba kampusnya. Kebanyakan dia masuk pagi sehingga sering mengalami kemacetan dan juga hujan yang tak terduga. Motor yang nyaman dan tangguh menurutnya mampu mengatasi masalahnya dalam perjalanan menuju kampus.


H. Promise & Positioning
            Promise, menjanjikan motor bebek yang canggih dengan desain yang modern, sehingga siapapun yang menggunakannya akan merasa percaya diri dan berkelas.
            Positioning, Yamaha New Jupiter MX ditempatkan sebagai produk motor bebek dengan 5 gigi dan cakram ganda pertama di kelasnya.


I. Key Consumer Benefit.
            Konsumen akan merasakan laju motor yang stabil walaupun dengan kecepatan tinggi, hal ini berkat teknologi yang semakin canggih dan aerodinamis yang sempurna.


J. Big Idea
“Yamaha New Jupiter MX…yang lain semakin pasrah.”


K. Tone & Manner Communication

K.1 Strategi Kreatif Pesan
Iklan televisi Yamaha New Jupiter MX menggunakan strategi kreatif pesan kombinasi, strategi ini merupakan gabungan dari beberapa strategi kreatif pesa n yang ada. Pada iklan ini, strategi-strategi yang digunakan adalah:

  1. Strategi Brand Image, strategi ini menggunakan pesan yang mengasosiasikan brand dengan perusahaannya. Pesan pada iklan-iklan dari brand Yamaha Jupiter memiliki kesamaan yang menjadi ciri khas varian produk Yamaha Jupiter (seri Z dan MX), yaitu “yang lain...semakin xxxxx”, seperti:
-          yang lain semakin ketinggalan (Jupiter Z dan MX)
-          yang lain semakin jauuuh ketinggalan (Jupiter MX 2)
-          yang lain semakin jelas tertinggal (New Jupiter Z)
Iklan Yamaha New Jupiter MX sendiri menggunakan pesan “Jupiter MX baru, yang lain...semakin pasrah yang merupakan pesan terbaru dari Yamaha Jupiter. Pesan-pesan di atas tersebut menggunakan kata semakin yang berasosiasi dengan tagline utama Yamaha, yaitu SEMAKIN DI DEPAN.

  1. Strategi Positioning, strategi ini bertujuan untuk memposisikan produk/brand di benak konsumen. Seperti yang sudah dijelaskan pada strategi brand image, pesan-pesan yang digunakan Yamaha Jupiter dari yang pertama hingga terbaru memiliki pola kalimat naik (klimaks), hal ini menunjukan bahwa varian motor Yamaha Jupiter memposisikan dirinya sebagai motor yang paling unggul dari produk-produk saingannya. Pesan pada iklan Yamaha New Jupiter MX menunjukan bahwa motor tersebut sangat sempurna dan tak terkalahkan.

K.2 Daya Tarik Pesan Iklan
Iklan Televisi Yamaha New Jupiter MX memiliki daya tarik pesan kombinasi, yaitu:

  1. Daya Tarik Positif, pada iklan ini disampaikan beberapa keunggulan yang dimiliki Yamaha New Jupiter MX, seperti spare part Yamaha yang terbukti awet hingga 5 tahun, throttle position yang membuat pembakaran semakin sempurna sehingga hemat bahan bakar, memiliki 5 operan gigi (transmission gear) dan teknologi Yamaha DiASil Cylinder & Forged Piston yang membuat pembuangan gas yang bersih. Semua pesan yang disampaikan tersebut sangat menguntungkan konsumen.

  1. Daya Tarik Humor, hampir di tiap iklan televisi dari Yamaha Jupiter memiliki bagian yang menayangkan adegan lucu, pada iklan Yamaha New Jupiter MX, bagian tersebut ditunjukkan dengan adegan ketika Komeng menancap gas motornya yang menyebabkan angin besar, sehingga keadaan di sekitarnya berterbangan hingga papan penunjuk arah keluar berputar-putar.

K.3 Gaya Eksekusi Pesan Iklan
            Gaya ekesekusi pesan yang digunakan pada iklan Yamaha New Jupiter MX adalah technical expertise. Hal ini dapt dilihat ketika para pemeran iklan menyampaikan keunggulan mengenai teknologi dan spare part yang ada di Yamaha New Jupiter MX.



Categories:

Leave a Reply