Creative Brief
Klien : PT
Yamaha Motor Kencana Indonesia
Tbk.
Produk : Motor bebek
Brand : Yamaha New Jupiter MX
Deadline : 10 Mei 2011
A. Analisis Situasi
A.1.
Kondisi Pasar
Pada
November 2010 Yamaha (YMKI) mengeluarkan produk barunya di kelas motor bebek,
yaitu Yamaha New Jupiter MX, yang
merupakan generasi kedua dari Jupiter MX. Hal ini dilakukan untuk menjawab
pasar motor bebek yang semakin melonjak konsumennya, produk-produk Yamaha
sebelumnya di berbagai kategori terbukti cukup sukses di pasaran, namun masih
belum bisa mengejar Honda yang menguasai pangsa pasar. Sampai dengan Februari
2011, 80,21% pangsa pasar Indonesia
dikuasai oleh Honda (52,15%) dan Yamaha (28.06%). Yamaha New Jupiter MX
diharapkan dapat mendobrak pasar yang selama ini dikuasai Honda (PT. Astra
Honda Motor).
A.2. Tingkat Persaingan
New
Jupiter Z sangat gemilang pada Februari 2011 dengan meningkatkan volume
penjualan Yamaha hingga 21,85% dibandingkan Januari 2011, dan tampaknya akan
terus menggeliat untuk mengejar 2 produk Honda, yaitu Honda Absolute Revo dan
Honda Supra X 125. Dari produk Yamaha sendiri New Jupiter Z masih di bawah
Yamaha Vega ZR sedangkan New Jupiter MX yang merupakan produk terbaru sudah ada
di posisi ketiga, hal ini yang membuat optimis Yamaha akan kesuksesan penjualan
produk barunya tersebut. Yamaha New Jupiter MX nyatanya mampu menarik perhatian
para anak muda dengan kecanggihan teknologi, design dan kecepatannya.
A.3 Market Share
Di
Indonesia pasar motor bebek 80,21% dikuasai Honda dan Yamaha, berikut
rinciannya berdasarkan brand masing-masing pabrikan (Februari 2011):
1. Honda Absolute Revo : 24,78%
2. Honda Supra X 125 : 20,68%
3. Yamaha Vega ZR : 15,72 %
4. Yamaha New Jupiter Z : 11,51%
5. Yamaha New Jupiter MX : 7,52%
Tiga produk
teratas sudah diproduksi semenjak 2008-2009, sedangkan New Jupiter Z dan New
Jupiter MX yang diproduksi pertengahan dan akhir 2010 terbukti mampu masuk 5
besar, hal ini membuktikan 2 produk tersebut sangat sukses dari segi penjualan.
A.4 Spesifikasi Produk
Terdapat
2 tipe dari Yamaha New Jupiter MX, yaitu Auto Clutch yang dilepas dengan harga
Rp 15,7 juta dan Full Clutch dengan harga 16,4 juta, sedangkan dari segi design
ada 6 pilihan warna dan stripping. Berikut rincian spesifikasinya:
- Desain tubuh New Jupiter MX mengusung tema “Agressive New Flasher &
Front Portion Design” sehingga terlihat sporty.
- Menggunakan mesin 135 cc 4 valve SOHC Liquid Cooled.
- Double Disc Brake (Rem Cakram Ganda).
- 5 Speed Transmission.
- DiAsil Cylinder, Forged Piston, Throttle Position Sensor (TPS),
Radiator (Liquid Cooled Engine) hingga AIS (Air Induction System).
B. Analisis
SWOT
Yamaha New
Jupiter MX
|
Honda
Supra X 125 R
|
|
S
|
- Design aerodinamis inovatif
- Transmisi 5 kecepatan
- Teknologi yang inovatif
|
- Bahan bakar
irit
- Harga purna
jual masih bagus
- Bengkel
resmi banyak
|
W
|
- Pesediaan
produk di dealer yang terbatas.
- Part-part
yang ditawarkan cukup mahal
|
- Design body yang masih ketinggalan jaman
- Frekuensi penjualan motor skutik dan sport tidak
terlalu tinggi
|
O
|
- Frekuensi
pengguna motor Yamaha meningkat
- Jorge
Lorenzo sebagai endoser memiliki banyak penggemar.
|
- Memiliki pangsa pasar yang luas
- Harga BBM cenderung stabil
|
T
|
- Produk
Suzuki ada yang memiliki 6 kecepatan.
-
Pesaing-pesaing baru bermunculan (Bajaj, TVS).
|
- Perkembangan motor bebek di Indonesia mulai menurun.
- Yamaha semakin unggul dalam berbagai hal.
|
C.
Permasalahan Periklanan
C.1 Kognitif
Konsumen terlalu banyak mendapat promosi dari kompetitor, sehingga konsumen
bingung dan tidak mengetahui promosi dari Yamaha, masyarakat juga kurang
pemahamannya tentang spesifikasi produk-produk Yamaha.
C.2 Afektif
Produk
lain banyak mengiklankan suku cadang yang berkualitas dan harga terjangkau,
sedangkan suku cadang asli Yamaha masih cukup mahal sehingga konsumen berpikir
untuk lebih memilih produk lain yang suku cadangnya mudah didapatkan.
C.3 Konatif
Harga
New Jupiter MX cukup mahal untuk kelasnya dibanding harga motor bebek dari
pabrikan lain, seperti Honda, varian produknya lebih banyak dan original.
Produk baru Yamaha kebanyakan adalah versi baru dari produk lama, sehingga
konsumen merasa tidak ada perubahan.
D. Tujuan
Periklanan
Bertujuan
untuk memperkenalkan produk terbaru Yamaha di kelas motor bebek, yaitu Yamaha New
Jupiter MX yang mengusung tema “Agressive New Flasher & Front Portion
Design” dengan teknologi yang canggih dan desain yang semakin
aerodinamis. Untuk memperlihatkan juga bahwa New Jupiter MX memiliki kecepatan
yang tinggi namun tetap nyaman digunakan, sehingga cukup untuk mengalahkan
lawan-lawannya dari pabrikan lain.
E. Tujuan
Pemasaran
Yamaha
ingin meraih pangsa pasar yang selama ini dikuasai oleh Honda, dengan
melepaskan New Jupiter MX ke pasaran merupakan langkah cerdik untuk mencuri
pangsa pasar yang didominasi Honda. 2 produk terbarunya di kelas motor bebek
terbukti mampu masuk 5 besar dari segi penjualan di pasar Indonesia hanya dalam kurun waktu
3-5 bulan.
F. Target
Audience & Target Market
·
Demografi: Laki-laki, usia 18-45 tahun,
SES C+/B
·
Geografi: Kota-kota besar dan kota-kota sub-urban
di Indonesia.
·
Psikografi: Orang-orang yang aktif, sporty dan
peduli dengan kenyamanan berkendara..
·
Behavioral: konsumen yang sudah maupun yang
baru mengenal produk-produk Yamaha.
G. Consumer Insight
Addy
(20 tahun), mahasiswa Bina Sarana Informatika Salemba jurusan Teknik
Komputer, dalam 5 hari seminggu harus menempuh jarak yang cukup jauh dari
Bekasi menuju Salemba kampusnya. Kebanyakan dia masuk pagi sehingga sering
mengalami kemacetan dan juga hujan yang tak terduga. Motor yang nyaman dan
tangguh menurutnya mampu mengatasi masalahnya dalam perjalanan menuju kampus.
H. Promise & Positioning
Promise,
menjanjikan motor bebek yang canggih dengan desain yang modern, sehingga
siapapun yang menggunakannya akan merasa percaya diri dan berkelas.
Positioning,
Yamaha New Jupiter MX ditempatkan sebagai produk motor bebek dengan 5 gigi
dan cakram ganda pertama di kelasnya.
I. Key Consumer Benefit.
Konsumen akan merasakan laju motor
yang stabil walaupun dengan kecepatan tinggi, hal ini berkat teknologi yang
semakin canggih dan aerodinamis yang sempurna.
J. Big Idea
“Yamaha
New Jupiter MX…yang lain semakin pasrah.”
K. Tone & Manner Communication
K.1 Strategi Kreatif Pesan
Iklan televisi Yamaha New Jupiter MX menggunakan
strategi kreatif pesan kombinasi, strategi ini merupakan
gabungan dari beberapa strategi kreatif pesa n yang ada. Pada iklan ini,
strategi-strategi yang digunakan adalah:
- Strategi Brand Image, strategi ini menggunakan pesan yang mengasosiasikan brand dengan perusahaannya. Pesan pada iklan-iklan dari brand Yamaha Jupiter memiliki kesamaan yang menjadi ciri khas varian produk Yamaha Jupiter (seri Z dan MX), yaitu “yang lain...semakin xxxxx”, seperti:
-
yang lain semakin
ketinggalan (Jupiter Z dan MX)
-
yang lain semakin jauuuh ketinggalan (Jupiter MX 2)
-
yang lain semakin jelas tertinggal (New Jupiter Z)
Iklan Yamaha New Jupiter MX sendiri menggunakan
pesan “Jupiter MX baru, yang
lain...semakin pasrah” yang merupakan pesan terbaru dari Yamaha Jupiter. Pesan-pesan di atas
tersebut menggunakan kata semakin
yang berasosiasi dengan tagline utama Yamaha, yaitu SEMAKIN DI DEPAN.
- Strategi Positioning, strategi ini bertujuan untuk memposisikan produk/brand di benak konsumen. Seperti yang sudah dijelaskan pada strategi brand image, pesan-pesan yang digunakan Yamaha Jupiter dari yang pertama hingga terbaru memiliki pola kalimat naik (klimaks), hal ini menunjukan bahwa varian motor Yamaha Jupiter memposisikan dirinya sebagai motor yang paling unggul dari produk-produk saingannya. Pesan pada iklan Yamaha New Jupiter MX menunjukan bahwa motor tersebut sangat sempurna dan tak terkalahkan.
K.2 Daya Tarik Pesan Iklan
Iklan Televisi Yamaha New Jupiter MX memiliki daya tarik pesan kombinasi,
yaitu:
- Daya Tarik Positif, pada iklan ini disampaikan beberapa keunggulan yang dimiliki Yamaha New Jupiter MX, seperti spare part Yamaha yang terbukti awet hingga 5 tahun, throttle position yang membuat pembakaran semakin sempurna sehingga hemat bahan bakar, memiliki 5 operan gigi (transmission gear) dan teknologi Yamaha DiASil Cylinder & Forged Piston yang membuat pembuangan gas yang bersih. Semua pesan yang disampaikan tersebut sangat menguntungkan konsumen.
- Daya Tarik Humor, hampir di tiap iklan televisi dari Yamaha Jupiter memiliki bagian yang menayangkan adegan lucu, pada iklan Yamaha New Jupiter MX, bagian tersebut ditunjukkan dengan adegan ketika Komeng menancap gas motornya yang menyebabkan angin besar, sehingga keadaan di sekitarnya berterbangan hingga papan penunjuk arah keluar berputar-putar.
K.3 Gaya Eksekusi Pesan Iklan
Gaya ekesekusi pesan yang
digunakan pada iklan Yamaha New Jupiter MX adalah technical expertise. Hal
ini dapt dilihat ketika para pemeran iklan menyampaikan keunggulan mengenai
teknologi dan spare part yang ada di Yamaha New Jupiter MX.
Categories:
Pengetahuan